Headline News

Kamis, 28 Oktober 2010

Pengertian Komputer



Dalam kehidupan yang serba modern ini tentunya kita butuh alat yang tepat cepat dan bermanfaat. Dalam era sekarang komputer merupakan kebutuhan pokok begi semua orang baik pengusaha, pelajar, maupun pengajar. Tahukah anda apa komputer itu sebenarnya. Alat ini pertama kali dibuat oleh Charless Babbage ilmuan dari Inggris. Beliau pertama kali membuat mesin yang bernama mesin Analitis. Mesin ini berguna untuk mengurangi kesalahan pada saat melakukan penghitungan manual menggunakan tabel matematika. Mesin ini kemudian dikembangkan lagi oleh Aikon Howard yang berhasil menjalankan Mark I pada tahun 1937 dan terus berlanjut dengan ENIAC. Komputer - komputer sederhana diatas merupakan cikal bakal komputer yang sekarang.
Zaman pun berganti tentunya semua pasti berganti, namun komputer yang pertama kali sangat besar. Mungkin kira-kira sebesar ruangan tamu anda. Dan dengan perkembangan zaman komputer itu mampu desederhanakan seperti komputer prbadi (PC) anda dirumah. Kapasitas penyimpanannya pun begitu besar daripada komputer – komputer terdahulu.
Bagian – bagian komputer
Didalam komputer terdapat bagian – bagian yang mendukung kinerjanya. Bagian – bagian itu antara lain :
-) Brainware
Pada bagian ini merupakan bagian yang mengerjakan seluruh pemrosesan data. Brainware sendiri tediri dari diri kita dan Central Prosessing Unit (CPU). Didalam brainware ini data diolah dari bagian input dan terus dikeluarkan ke bagian output. Bagian input data pada komputer misalnya keyboard untuk memasukkan karakter, microphone untuk memasukkan suara dan lain sebagainya. Sedangkan bagian output adalah print,monitor,flashdisk dsb.

-) Hardware
Dari artinya sendiri hard berarti keras dan ware yang berarti perangkat. Jadi kedua kata itu jika diartikan menjadi perangkat keras. Perangkat – perangkat keras itu seperti monitor, mouse, keyboard dsb.

-) Software
Software merupakan perangkat lunak yang ada didalam komputer, contoh : Sistem Oprasi dan program – program lain seperti Office, Adobe Software, Corel Draw dsb. Program ini mendukung pemasukkan data kita kedalam komputer untuk menjadikan data yang matang dan siap untuk digunakan.

Jenis dan macam –di macam komputer

  • Komputer analog
  • Komputer pulsa
  • Mikrokomputer
  • Komputer rumah (home computer)
  • Komputer pribadi (PC)
  • Server
  • Minikomputer
  • Mainframe computer
  • Superkomputer

Proses Kerja Komputer

Komputer dapat melakukan pekerjaan karena dialiri listrik. Saat listrik dialirkan ke Central Processing Unit (CPU) maka ia pertama – tama akan mengenali semua komponen – komponen yang ada AC. anjutkembangkan lagi oleh Aikon Howard yang berhasil menjalankan Mark I pada tahun engajar. pada CPU tersebut. Proses ini dinamakan sebagai proses Booting. Selanjutnya dialirkan ke Hardrive yang didalamnya terdapat sistem oprasi. Setelah itu baru anda dapat memulai aktivitas anda pada komputer, misal berinternet, mengolah data atau mendesan grafis.
Didalam CPU terdapat komponen yang bernama Memory (RAM). Komponen ini berfungsi sebagai arus aliran data yang akan diproses dari input data menjadi data digital. Alat ini juga yang menentukan cepat atau lambatnya kinerja komputer kita. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin cepat proses kerjanya. Selanjutnya data dalam bentuk digital tadi dapat disimpan didalam memory permanen yang disebut Hardrive. Proses simpan menyimpan ini berlanjut kecuali pada saat komputer dimatikan.

Manfaat Komputer

Dalam kehidupan sehari – hari seperti apa yang sudah dijelaskan diawal tadi, alat ini dapat membantu kerja manusia yang sangat begitu banyak. Misal dalam hal akuntansi, butu proses penghitungan yang tepat dan akurat agar data yang diperoleh tidak salah. Didalam pemanfaatan komputer saat ini ada yang baik dan ada yang buruk. Manfaat yang baik adalah saat kita butuh informasi, maka kita dapat searching di internet dan informasi kita dapat. Selain itu kita dapat memejukan pendidikan dengan menggunakan komputer ini sehingga siswa – siswa kita tidak gaptek teknologi.Dengan komputer saat ini kita juga dapat menikmati berbagai macam suguhan multimedia mulai dari mendengarkan musik sampai dapat menonton film. 

Tidak ada komentar: